ALUR PELAYANAN DAN PELAYANAN UNGGULAN UPTD RSUD PALABUHANRATU

 

 


 

 

 

 

 

 

Layanan Unggulan UPTD RSUD Palabuhanratu

Klinik Jantung merupakan bagian dari pelayanan terintegrasi di UPTD RSUD Palabuhanratu. Terletak di lantai dasar, Klinik Jantung UPTD RSUD Palabuhanratu mengedepankan pelayanan yang efektif dan efisien 

dengan fasilitas diagnosis dan penanganan yang canggih. Ditunjang dengan dokter yang berpengalaman di bidang kegawatan jantung dan masalah jantung lainnya, Klinik Jantung UPTD RSUD Palabuhanaratu menjadi salah satu klinik unggulan yang menerima pasien rujukan dari berbagai fasilitas kesehatan lainnya.

Ruang Lingkup Pelayanan

Pelayanan unggulan jantung memberikan pelayanan bagi kesehatan masyarakat dalam ranah penyakit jantung seperti Gagal jantung, Aritmia (gangguan listrik jantung). Dalam memberikan pelayanan, Klinik Jantung UPTD RSUD Palabuhanratu difasilitasi dengan berbagai instrumen dan metode pemeriksaan terbaru yang efektif dalam menangani kasus-kasus jantung. Fasilitas yang dapat ditemukan dalam klinik ini di antaranya adalah sebagai berikut:
1.  Treadmill
2.  Echokardiografi 
       Poli Jantung UPTD RSUD Palabuhanratu dilengkapi dengan alat Echokardiografi berkualitas tinggi.Selain adanya fasilitas-fasilitas tersebut, layanan Klinik Jantung UPTD RSUD Palabuhanratu juga menyediakan klinik konsultasi langsung bersama dokter jantung.

Tenaga Medis

Dokter yang terlibat dalam pelayanan kesehatan di Klinik Jantung UPTD RSUD Palabuhanratu merupakan dokter kompeten dengan segudang pengalaman, yaitu:

 

dr. Fadhil Pratama Apriansyah, Sp.JP

 

ECHOKARDIOGRAFI

 Tes Ekokardiografi atau USG jantung, atau yang lebih sering disingkat dengan sebutan Echo, merupakan suatu pemeriksaan yang memberikan gambaran jantung Anda yang sedang berdenyut dan dapat merekam gambar dengan sempurna, yang dapat membantu Dokter Anda dalam mengevaluasi kesehatan jantung Anda. Tipe USG jantung yang paling sering digunakan adalah jenis non-invasif, dan sangat mudah dilakukan pada pasien.Pemeriksaan ini akan dilakukan oleh Dokter Ahli yang telah mendapatkan pelatihan khusus, dengan menggunakan gel untuk menggerakkan alat yang menyerupai mikrofon yang dinamakan transducer pada daerah dada. Hal ini memungkinkan Dokter Anda melihat tampilan jantung Anda beserta katupnya secara live. USG jantung menggunakan teknologi yang sama seperti melihat janin didalam perut ibu. Tidak ada radiasi yang terjadi pada pemeriksaan USG jantung, sehingga teknologi ini dapat digunakan pada semua orang dari segala usia.

Kapan Saya membutuhkan Echo?

Anda membutuhkan tes ini apabila Anda mengalami

-          nyeri dada

-          nyeri lengan atas yang tidak diketahui penyebabnya

-          murmur jantung

-          serangan jantung

-          kelainan jantung

-          riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Apa yang dimaksud dengan USG jantung (transthoracic echocardiogram/TTE; echocardiogram/echo)?

Tes Ekokardiografi atau USG jantung merupakan suatu alat penting untuk mengevaluasi struktur dan fungsi dari jantung dan pembuluh darah yang terkait. Tes ini cepat, mudah, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Evaluasi ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk menghasilkan gambar jantung Anda. USG jantung membantu Dokter Anda untuk mengevaluasi kesehatan jantung Anda dengan gambar yang bergerak. USG jantung menggunakan teknologi yang sama seperti melihat janin didalam perut ibu.

Kenapa Dokter Saya meminta Saya melakukan USG jantung?

Ada banyak alasan bagi Dokter Anda untuk meminta Anda melakukan USG jantung. Dokter dapat menggunakan tes ini untuk mengevaluasi performa jantung Anda sekaligus struktur jantung Anda, seperti ruang serambi dan atrium, dan juga katup-katupnya.  Terkadang Echo juga digunakan untuk mencari penyebab bunyi tambahan pada jantung (murmur), untuk memeriksa ukuran ruang jantung, memeriksa cairan di sekitar jantung, atau untuk melihat kemampuan otot jantung Anda dalam memompa darah apabila Anda memiliki gejala napas pendek atau beberapa gejala saat berolahraga.

Persiapan apa yang harus Saya lakukan sebelum pemeriksaan?

Tidak ada persiapan khusus yang dibutuhkan untuk USG jantung. Anda sebaiknya datang setelah makan atau minum seperti biasanya. Apabila Anda mengkonsumsi obat-obatan rutin, Anda sebaiknya melanjutkan untuk meminumnya seperti biasa, kecuali apabila Dokter Anda memberikan instruksi khusus. Anda akan berada didalam lab ekokardiografi sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Apa yang harus Saya harapkan?

Saat tiba di lab, petugas akan menyapa Anda dengan ramah. Petugas akan menanyakan beberapa informasi mengenai Anda dan meminta Anda untuk mendaftar ke bagian pendaftaran. Petugas juga akan meminta resep obat ataupun surat pengantar dari Dokter Anda.

Anda akan dibawa menuju ruang echo. Ruangan ini memiliki pencahayaan minimal dan dilengkapi dengan ranjang pemeriksaan dan sebuah mesin echo. Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan oleh Dokter yang akan memeriksa untuk mengetahui alasan Anda menjalani tes ini, apakah Anda telah menjalani tes ini sebelumnya, dan apakah Anda pernah menjalani operasi jantung terbuka. Biasanya Anda akan mendapat penjelasan singkat mengenai prosedur yang akan Anda jalani.

Anda akan diminta untuk melepaskan pakaian bagian atas, dan bagi wanita akan diminta untuk mengenakan gaun khusus selama pemeriksaan. Apabila Anda membutuhkan bantuan, maka petugas akan membantu Anda naik ke ranjang pemeriksaan, dimana Anda akan diminta untuk berbaring ke sisi kiri. Petugas akan menempelkan sadapan EKG dengan perekat sederhana.

Lampu akan dimatikan sebagian agar Dokter pemeriksa dapat melihat monitor dengan jelas.

Dokter akan menggunakan gel untuk menggerakkan alat yang menyerupai mikrofon yang dinamakan transducer pada daerah dada. Hal ini memungkinkan Dokter Ahli melihat tampilan jantung Anda beserta katupnya secara live.

Selanjutnya, Dokter pemeriksa akan mulai untuk mengambil gambar USG dan merekam suara secara sistematis dan menggerakkan transducer sekitar daerah dada, perut, dan leher. Dokter akan melihat gambarannya melalui monitor dan mengambil berbagai macam rekaman pada beberapa lokasi berbeda.

Selama direkam, Anda mungkin akan diminta untuk mengubah posisi dan menahan napas untuk beberapa saat. Variasi posisi dan napas ini memungkinkan Dokter pemeriksa untuk mengambil gambar yang lebih baik. Dokter akan menekan transducer diatas kulit Anda, dan tekanan ini dilakukan untuk memfasilitasi transmisi gelombang ultrasonik. Apabila Anda merasa tidak nyaman, jangan ragu untuk mengatakannya pada Dokter Anda.

Sebaiknya Anda berusaha untuk tetap tenang selama pemeriksaan. Pemeriksaan ini memakan waktu 30-45 menit. Seringkali Dokter pemeriksa akan menganalisa hasil gambar yang diambil dengan supervisor atau Dokter yang lebih senior selama Anda masih berada di dalam ruangan. Anda tidak perlu merasa kuatir, teknik untuk mengambil gambar jantung tidak selalu mudah dan terkadang Dokter perlu meminta saran kepada Dokter yang lebih senior terutama untuk

Apa yang akan Saya lihat dan dengar saat pemeriksaan USG jantung Saya?

Gelombang ultrasonik yang digunakan selama pemeriksaan echo tidak dapat didengar oleh telinga manusia, sehingga Anda tidak akan mendengar suara apapun. Struktur anatomi jantung ditampilkan “real-time” dan tampak sebagai obyek putih yang bergerak di layar. Sebagai contoh, katup jantung akan tampak sebagai struktur seperti kelopak putih yang sedang bergerak. Daerah sekitar jantung yang terisi cairan atau darah akan tampak berwarna hitam di layar.

Selama pemeriksaan, Anda akan memperhatikan Dokter Anda menempatkan tanda pada layar dengan pengukur/kaliper kecil. Dokter Anda akan menggunakan kaliper untuk melakukan berbagai pengukuran struktur anatomi, fungsi, dan aliran darah jantung Anda.

Pemeriksaan echo biasanya akan disertai dengan rekaman gerakan atau aliran darah di dalam jantung dengan Doppler. Saat aliran warna Doppler digunakan, maka akan muncul warna-warna berbeda yang bergerak di dalam gambar hitam dan putih pada layar. Perbedaan warna pada layar menggambarkan perbedaan kecepatan dan arah dari aliran darah di jantung.

Pemeriksaan Doppler juga seringkali termasuk sinyal audio dari aliran darah. Sinyal audio ini dapat didengar dan dilihat. Selama rekaman audio Doppler berlangsung, Anda akan mendengar suara darah bergerak melewati jantung dan suara katup jantung Anda sedang membuka dan menutup. Sinyal audio ini ditampilkan sebagai grafik pada layar. Rekaman grafik ini membantu Dokter Anda untuk menentukan fungsi katup dan tekanan jantung Anda.

Apa yang akan terjadi saat pemeriksaan telah selesai?

Setelah selesai merekam gambar, perawat akan melepaskan sadapan EKG pada dada Anda, membersihkan gel yang ada pada kulit Anda, membantu Anda bangkit dari meja pemeriksaan, dan memandu Anda keluar dari kamar pemeriksaan.

Gambaran USG dan rekaman Doppler akan dibaca oleh Dokter Anda yang telah mendapat pelatihan khusus. Dokter Anda akan menginterpretasikan hasilnya melalui laporan tertulis.

 

TES TREADMILL

Tes Treadmill (Exercise Stress Test) adalah pemeriksaan fisik jantung yang memberikan informasi apakah jantung memiliki asupan darah dan oksigen dari sirkulasi saat terjadi stress fisik. Tes treadmill juga dilakukan untuk memperoleh informasi penting apabila ada kelainan dari irama jantung dan tekanan darah. Namun treadmill sebaiknya tidak dilakukan pada pasien yang baru saja mengalami serangan jantung, atau pada saat baru mengalami nyeri dada, maka sebaiknya lakukan uji treadmill sesuai anjuran/konsultasi dokter sebelumnya. Pemeriksaan fisik jantung ini adalah salah satu layanan dari Pusat Layanan Jantung UPTD RSUD Palabuhanratu.

Pemeriksaan fisik jantung treadmill dilakukan jika Anda ingin mengetahui apakah Anda memiliki penyakit jantung koroner atau tidak. Jika dicurigai memiliki penyakit jantung koroner, meskipun tidak muncul saat pemeriksaan EKG, dokter mungkin tetap menyarankan Anda melakukan tes treadmill jantung. Namun, jika pasien baru mengalami serangan jantung, sebaiknya tidak dilakukan tes treadmill sebab pemeriksaan fisik jantung ini berat untuk dilakukan. Selain pasien yang baru mengalami serangan jantung, pemeriksaan treadmill jantung juga tidak disarankan pada pasien yang mengalami nyeri dada dengan kecurigaan karena penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol, serta penyakit jantung lainnya seperti gagal jantung atau aritmia (gangguan irama jantung) yang tidak terkendali.

 

Proses Tes Treadmill Jantung, Pemeriksaan Fisik Jantung

Pada pemeriksaan treadmill jantung, pasien akan diminta untuk berjalan di atas treadmill dimulai dengan langkah yang lambat. Tubuh pasien akan terpasang elektroda yang dihubungkan dengan EKG. Selanjutnya pasien pemeriksaan fisik jantung akan diberikan peningkatan kecepatan pada treadmill setiap tiga menit. Pemantauan dilakukan sepanjang proses, dengan hal yang diamati adalah tekanan darah, denyut jantung, dan EKG. Selanjutnya, treadmill akan diperlambat dan diturunkan secara bertahap dalam sepuluh menit hingga berhenti.

 

 

JADWAL PELAYANAN POLIKLINIK DAN FASILITAS RUANG PERAWATAN DI UPTD RSUD PALABUHANRATU 

 

 KLINIK UMUM

dr. Islami Rudianawati, MARS

Senin s/d Jum’at

POLIKKLINIK GIGI

drg. Rika

Senin s/d Jum’at

drg. Destrin

Senin s/d Jum’at

KLINIK SPESIALIS ANAK

dr. Budi Firdaus, Sp. A, M. Kes

Selasa & kamis

dr. Vindy Ruslianti, Sp. A, M.Kes

Senin Rabu & Jumat

KLINIK SPESIALIS KANDUNGAN

Ddr. Rahardian Aji Sasongko, Sp.OG

Senin,Selasa dan Rabu

dr. Astri, Sp.OG

Kamis dan Jum’at

 KLINIK SPESIALIS BEDAH

 dr. Unedo Sidabutar, Sp.B

Senin,Rabu dan Kamis

dr Dedi Farokka, Sp.B

Selasa dan Jum’at

KLINIK MATA

Dr. Widya Sasi Kirana, Sp.M

Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at

KLINIK JANTUNG

Dr. Fadhil Pratama Apriansyah, Sp.Jp.

Senin, Selasa, Kamis dan Jum’at

KLINIK GIZI

*Senin : Rizkia Imania, S. Gz

*Selasa : Yuni Oktaviani AMG

*Rabu : Pira Afriatin Amd. Gizi

*Kamis : Eti Sunarti AMG

* Jum’at : Eli Yulia, SP

KLINIK SPESIALIS PENYAKIT DALAM

Dr. Yulia Mariana, Sp.PD

Senin, Selasa dan Rabu

Dr. Herwin Hasan, Sp.PD

Kamis dan Jum’at

Dr. Whisynu Tresnadi Ariel B, Sp.PD

Senin, Selasa, dan Rabu

Dr. Padli Aditya Rizki, Sp.PD

Kamis dan Jum’at

KLINIK SPESIALIS SYARAF

*Senin : Dr. Inge Agelia Sigit, Sp.S Dan Dr. Bambang B Herlambang, Sp.S

*Selasa : Dr. Inge Angelia Sigit, Sp.S

*Rabu : Dr. Inge Agelia Sigit, Sp.S Dan

Dr. Bambang B Herlambang, Sp.S

*Kamis : Dr. Inge Agelia Sigit, Sp.S

* Jum’at : Dr. Bambang B Herlambang, Sp.S

KLINIK ANYELIR ( HIV / AIDS )

Dr. Ruli Suyono Saputra

Senin s/d Jum’at

KLINIK KULIT DAN KELAMIN

Dr. Lengga Herlina Sp.KK

Senin, Selasa, Kamis dan Jum’at

KLINIK DOT

Dr. Yulianta

Senin s/d Jum’at

KLINIK PARU

dr Benben Irwandi,MM.Kes.M.Ked (Paru), Sp.P

Senin, Selasa, Kamis, dan Jum’at

 

 

   FASILITAS RUANG PERAWATAN

  1. perawatan Pavilliun

-       1 kamar 1 pasien

-       Ruang ber-AC

-       Lemari ES

-       Televisi

-       Aiphone

-       0ksigen Sentral

 

-        Sofa

-        Tempat tidur elektrik

-        Toilet (closet duduk)

-        Meja / lemari pasien

-        Air hangat & Bathroom

  1. Ruang perawatan VIP A & B

-       Ruang ber-AC

-       Lemari ES

-       Televisi

-       Aiphone

-       Dispenser

-       Bel pasien

-        Sofa

-        Tempat tidur elektrik

-        Toilet (closet duduk)

-        Meja / lemari pasien

-        Oksigen Sentral

  1. Ruang perawatan kelas I

-       Ruangan 2 TT

-       Toilet di dalam

-       Televisi

-        Ruang ber-AC

-        Meja pasien

  1. Ruang perawatan kelas II

-          1 ruang 3 TT

-          Toilet didalam

-          Meja / lemari pasien

  1. Ruang perawatan kelas III

-          1 ruang 5-9 TT

-          Toilet didalam

-          Meja / lemari pasien

  1. Ruang perawatan HCU

-       Ruang ber-AC

-       Oksigen sentral

-       Monitor EKG

-       Nebulizer

-        Infusion Pump

-        Syiringe Pump

-        Meja makan pasien

-       Tempat tidur elektrik

  1. Ruang perawatan Perinatologi

-          Incubator

-          Box bayi

-          Radian warmer

 

FASILITAS PELAYANAN

Rawat Jalan / Klinik

  • Umum
  • Klinik Gigi
  • Klinik Spesialis Anak
  • Klinik Spesialis Kebidanan
  • Klinik Spesialis Penyakit Dalam
  • Klinik Spesialis Bedah
  • Klinik Spesialis Jantung
  • Klinik Spesialis Kulit Dan Kelamin
  • Klinik Spesialis Mata
  • Klinik Spesialis THT
  • Klinik Spesialis Syaraf
  • Klinik Anyelir (HIV / AIDS )
  • Klinik Konsultasi Gizi
  • Klinik DOTS
  • Pelayanan KB Rumah Sakit (PKBRS)
  • Klinik Talasemia
  • Klinik kelas ibu hamil
  • Hemodialisa (Ruang Cuci Darah)

 

Rawat Inap

  • Paviliun
  • Ruang Kakap ( VIP  A & B)
  • Ruang Arwana (Ruang Penyakit Dalam)
  • Ruang Perawatan Kelas I & II
  • Ruang Isolasi
  • Ruang HCU ( High Care Unit )
  • Perawatan HCU Kelas I
  • Ruang lumba (Penyakit Dalam)
  • Ruang Penyakit Dalam Kelas III
  • Ruang Marlin ( Penyakit Neurologi )
  • Ruang Penyakit Neurologi Kelas I & II
  • Ruang Pari (Penyakit Bedah)
  • Ruang penyakit bedah kelas III, II, I
  • Ruang Paus (Bersalin & Nifas)
  • Ruang Bersalin & Nifas Kelas I, II & III
  • Ruang Cumi (Penyakit Anak)
  • Ruang Penyakit Anak Kelas I,II & III
  • Ruang Perinatologi (Perawatan Bayi)

 

Pelayanan Penunjang Medis

  • Instalasi Gawat Darurat 24 jam
  • VK IGD / PONEK IGD (IGD Kebidanan)
  • Instalasi Laboratorium Klinik
  • Instalasi Radiologi (Rontgen)
  • Instalasi Rehabilitasi Medic (Fisioterapi)
  • Instalasi Bedah Sentral
  • Instalasi Farmasi
  • Bank Darah
  • Ambulance

 

Hubungi Kami

Jl. Jend. A. Yani No. 2, Citepus, Sukabumi, Jawa Barat 43364
Telp. +62 266 432081
Email. humasrsudpalabuhanratu@gmail.com