EDUKASI, SOSIALISASI DAN PEMERIKSAAN HIV/AIDS PADA TRANS GENDER


 

Bagi mayoritas masyarakat, transgender dan waria masih menjadi kelompok marginal. Bahkan di beberapa lingkungan sosial, dua kelompok ini tidak bisa diterima sama sekali akibat stigma dan salah pengertian. waria dan transgender dieratkan dengan perilaku hidup menyimpang dan sumber dari HIV dan AIDS. Padahal kalau saja masyarakat mau melihat lebih dekat, akan tampak jelas bahwa kelompok atau komunitas ini bukan sumber penularan utama HIV/AIDS.

Laporan lembaga penelitian sosial dan  agama (LENSA) sukabumi yang bergerak dalam perlindungan dan penanggulangan masalah- masalah sosial di masyarakat khususnya masalah HIV/AIDS di kalangan kelompok waria atau pekerja sex komersial mencatat perkembangan kelompok laki-laki yang berhubungan sex dengan dengan laki-laki(Men who have Sex with Men/MSM ) dari tahun ke tahun semakin banyak jumlahnya.

Untuk mencegah penyebarluasan dan meminimalisasikan masalah HIV/AIDS, LENSA bekerja sama dengan RSUD Palabuhanratu yang dalam hal ini di wakili oleh Unit PROMKES (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) dan unit Poliklinik ANYELIR RSUD Palabuhanratu mengadakan kegiatan edukasi, sosialisasi dan pemeriksaan HIV/AIDS di aula RSUD Palabuhanratu. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa , 22 Agustus 2017 dengan di ikuti sekitar 32 orang penyuka sesama jenis. Hadir pda kesempatan itu dr. Rulli Suyono Saputra sebagai narasumber skilgus penanggung jawab kegiatan, Ketua Unit PROMKES Heri Supendi, SKM, pelaksana harian Poliklinik ANYELIR Lukman Nurhakim, koordinator lapangan LENSA ibu Nurul dan Deni.

Direktur RSUD Plabuhanratu dr H. Asep Rustandi sangat mensufort dan menganggap positif kegiatan ini dan beliau berharap krgiatan ini di tindak lanjuit dengan tindakan nyata dari tenaga kesehatan dan yang peduli dengan masalah HIV/AIDS (Dok, PKRS 2017

 

 

Hubungi Kami

Jl. Jend. A. Yani No. 2, Citepus, Sukabumi, Jawa Barat 43364
Telp. +62 266 432081
Email. humasrsudpalabuhanratu@gmail.com